Home » Operasi Mata » Tips Mengobati Mata Minus » Fakta: Tahapan Lasik Mata yang Wajib Anda Tau

Fakta: Tahapan Lasik Mata yang Wajib Anda Tau

1,604 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Di posting ini, saya akan membagikan informasi tentang Fakta: Tahapan lasik mata yang wajib Anda ketahui sebelum melakukan operasi lasik.

Ini penting sekali anda ketahui sebagai pertimbangan melakukan operasi lasik untuk panca indra mata anda.

Atau tonton video dibawah ini:

Silahkan di tonton sebelum Anda Putuskan Lasik. Tapi jika Anda merasa Ah nanti dulu deh lasiknya, Anda boleh coba Formula Eye agar sembuh dari mata minus dan silinder Tanpa Lasik >> http://formulaeye.com

Simak dan Semoga Bermanfaat.

1. Tabel biaya operasi lasik mata 2015 di Indonesia

Tabel Biaya Operasi Lasik2015

 Sumber: www.icarelasik.co.id

2. Syarat Operasi Lasik Mata Minus

LASIK MATA?

Sumber: JEC (Jakarta Eye Center) www.jec.co.id

Syarat pasien LASIK MATA MINUS

  1. Disarankan usia 18 tahun ke atas
  2. Kedua mata harus dalam keadaan sehat
  3. Melepas soft contact lens selama 14 hari atau hard contact lens selama 30 hari berturut-turut sebelum tindakan LASIK
  4. Tidak sedang hamil atau menyusui.

 

Tahapan LASIK MATA MINUS

  1. Tahap pertama adalah membuat lapisan pada kornea (flap) dengan menggunakan Mikrokeratom. JEC telah melakukan prosedur LASIK sejak tahun 1997, kemudian teknologi untuk membuat flap tersebut berkembang dengan menggunakan laser (Bladeless Laser Surgery) yaitu Femtosecond Laser sejak 2006. Untuk teknologi femtosecond laser tersebut JEC mempunyai 3 (tiga) jenis femtosecond laser yaitu Intralase 150 Khz dipergunakan oleh JEC pertama kali tahun 2006, Ziemer 2500 Khz ditahun 2008 dan teknologi femtosecond  terkini Ziemer CrystalLine 5000 Khz sejak tahun 2012.

  2. Tahap kedua, setelah flap terbuka maka dilakukan penyinaran laser pada bagian dalam kornea untuk mengubah bentuk kornea. Adapun tujuannya adalah untuk menghilangkan kelainan refraksi (minus, plus dan silinder) dengan Excimer Laser. Excimer Laser bertujuan  untuk membentuk permukaan kornea yang baru. JEC saat ini memiliki 2 mesin Excimer Laser yaitu Allegreto Wavelight Ex500Hz dan Schwind Amaris 750sHz. Setelah penyinaran selesai flap dikembalikan ke posisi semula. Dalam waktu kurang dari 3 menit flap akan melekat dengan sendirinya tanpa perlu dijahit. Prosedur tindakan ini seluruhnya menggunakan teknologi yang sangat canggih dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. LASIK tanpa Pisau Bedah (Bladeless Laser Surgery) menghasilkan permukaan yang sangat halus, sehingga kualitas penglihatan jadi lebih baik.

Sebagai pionir bedah LASIK di Indonesia Jakarta Eye Center memiliki pengalaman yang tidak dimiliki oleh penyedia jasa LASIK lainnya. Sejak tahun 1993 JEC telah melakukan tindakan Photorefractive Keratectomy (PRK) yaitu suatu prosedur untuk mengoreksi minus dan silinder dengan cara mengurangi kecembungan kornea. Pada tahun 1997 pertama kali LASIK diterapkan di JEC kemudian berkembang dengan teknologi Wafefront Guided LASIK yang dilakukan JEC pada tahun 2002.

Tahun 2006 penggunaan Femtosecond Laser (LASIK Tanpa Pisau/ Bladeless Laser Surgery) pada tindakan LASIK pertama kali dilakukan oleh JEC, Femtosecond Laser adalah sinar infra red yang memiliki kemampuan memotong sangat akurat dibandingkan dengan teknologi laser lainnya, dengan tingkat panas yang sangat rendah. Femtosecond Laser bekerja dalam ultra short impulses of light dan dapat membuat lubang sekecil 1/100mm hanya dalam waktu 1/4 triliun per detik (www.lasik-center.com).

Bicara mengenai LASIK, JEC sendiri memiliki  teknologi LASIK yang sangat lengkap seperti 6 Dimension Z-LASIK (6D Z-LASIK), yaitu teknologi tercepat di dunia dan satu-satunya di Indonesia, ada juga teknologi lainnya seperti Z-LASIK with Alegretto EX500, IntraLASIK, No Touch LASIK, M-LASIK, Surface Ablation (PRK, LASEK, dan EpiLASIK).

 

Jenis – Jenis LASIK MATA yang dimiliki oleh JEC (JAKARTA EYE CENTER)

1. 6 Dimension Z-LASIK (6D ZLASIK)

Proses-Operasi-Lasik-di-Jakarta-Dimension-6Z-Lasik6D Z-LASIK adalah generasi terbaru laser excimer, memberikan kesempurnaan dalam tindakan LASIK yaitu LASIK tercepat di Dunia, dengan tingkat akurasi yang tinggi dan keamanan yang lebih baik. 6D Z-LASIK adalah penyempurnaan dalam teknologi LASIK terdepan. Teknologi ini menggabungkan kecepatan ablasi kornea yang sangat tinggi dengan sistem pelacak turbo aktif dalam 6 dimensi gerakan mata, sehingga bila mata pasien bergerak sinar laser tersebut tetap bekerja ditempat yang tepat. 6D Z-LASIK hadir dengan kecepatan tinggi (750Hz) yang lebih unggul untuk menghilangkan minus, plus dan Cylinder. Hal ini memastikan keseimbangan sempurna antara kecepatan dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga menghasilkan penglihatan yang optimal untuk mata Anda.

6D Z-LASIK menggabungkan mesin Ziemer Crystalline 5000KHz (Femtosecond Laser) dan mesin Schwind Amaris 750Hz (Excimer Laser)

2. Z-LASIK

z-lasikZ-LASIK hadir di JEC pada tahun 2008, Z- LASIK adalah penyempurnaan dari teknologi LASIK sebelumnya (IntraLASIK). Z-LASIK merupakan teknologi produksi Ziemer Group, sebuah perusahaan multinasional dari Swiss yang memiliki reputasi dibidang Ophthalmology atau kesehatan mata. Keunggulan Z-LASIK dibandingkan teknologi LASIK terdahulu (IntraLASIK) membuat flap atau sayatan pada kornea dengan menggunakan sinar laser berbasis teknologi Femtosecond* dengan kecepatan 2500 KHz, tidak heran bila penggunaan teknologi ini disetujui lembaga-lembaga terkemuka di dunia, seperti: US Army, US Navy, US Air Force, Marine Corps dan NASA. (http;//www.be2020.com/lasik_bladeless_lasik/bladeless-lasik-lasik.html).

Z-LASIK menggabungkan mesin Ziemer 2500KHz (Femtosecond Laser) dan Allegretto Wavelight EX500Hz (Excimer Laser)

3. IntraLASIK

Pertama kali dilakukan di Indonesia pada tahun 2006 oleh JEC. LASIK tanpa pisau bedah ini menggunakan teknologi Intralase Femtosecond (iFS) dengan kecepatan 150 KHz dikombinasi dengan mesin teknologi Jerman; Allegretto Wave EyeQ 400Hz (Excimer Laser) yang merupakan mesin LASIK tercepat di dunia pada era tersebut. Saat ini JEC sudah tidak lagi mempergunakan teknologi IntraLASIK.

Perbedaan Z-LASIK dan IntraLASIK

NO

 Z-LASIK 2500 KHz

IntraLASIK 150 KHz

1

Docking prosedur lebih flexibel dan nyaman Docking prosedur lebih kaku sehingga kurang nyaman

2

Tidak menimbulkan bekas Masih meninggalkan bekas

3

Lebih presisi dan penyinaran excimer laser lebih seragam pada permukaan kornea Pioneer dari teknologi femtosecond (LASIK Tanpa Pisau Bedah)

4

Direkomendasikan oleh US Army, US Navy, US Air Force, Marine Corps dan NASA. Direkomendasikan oleh NASA dan US Air Force

No Touch LASIK

Tindakan ini dilakukan untuk penderita dengan minus sangat tinggi yaitu minus diatas 14 dan untuk penderita yang memiliki ketebalan kornea kurang dari 500 mikron (Kornea tipis). untuk ablasinya dilakukan secara digital dilakukan tanpa adanya peralatan yang menyentuh lapisan luar kornea (tanpa membuat flap kornea).

Microkeratome LASIK (M-LASIK)

Teknologi LASIK ini diterapkan pertama kali di Indonesia yaitu di JEC sejak 1997. M-LASIK adalah tindakan LASIK dimana pembuatan flapnya dengan menggunakan Microkeratome atau pisau bedah.

Surface Ablation (PRK, LASEK dan EpiLASIK)

Jenis tindakan ini diperuntukan untuk penderita kelainan refraksi (minus, plus, silinder) yang tidak dapat dilakukan tindakan LASIK, dengan melepaskan atau menghilangkan lapisan terluar kornea (epitel ) secara manual.

Crosslingking

Tindakan cross-linking bertujuan menguatkan ikatan kolagen guna menghambat progresi keratokonus. Keratokonus adalah keadaan kornea yang menipis dan melengkung abnormal secara progresif akibat berkurang dan rusaknya ikatan antar serat kolagen. Pasien keratokonus merupakan kontra indikasi untuk tindakan LASIK ataupun surface ablation.

Apabila anda penasaran dengan proses Operasi Lasik Mata, silahkan Anda klik disini untuk membaca pengalaman pasien yang pernah melakukan Operasi lasik Mata.

Salam sehat, Cerah Dunia ANDA!