Home » Tips Mata Sehat dan Jernih » Ini Cara Mengatasi Mata Malas Kurang dari 2 Minggu

Ini Cara Mengatasi Mata Malas Kurang dari 2 Minggu

23,996 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Apa itu mata malas?

Cara Mengatasi Mata Malas yang Banyak Berhasil
Mata malas dalam bahasa inggris disebut dengan istilah lazy eye , namun pada dasarnya dalam istilah kedokteran disebut sebagai ambliopia. Mata malas adalah penurunan tajam penglihatan akibat abnormalitas perkembangan penglihatan pada bayi dan anak dan ini bisa berlanjut sampai dewasa .

Menurut penelitian para dokter mata bahwa mata malas terjadi pada sekitar 2-4% anak usia dini prasekolah dan umumnya hanya mengenai satu mata saja, tidak menutup kemungkina dapat juga mengenai kedua mata.

Bagaimana Mata Malas itu Bekerja Merespon Pandangan?

Seperti ini polanya:

Pandangan Anak yang Menderita Mata Malas

Penglihatan pada mata itu ada 2 yaitu pandangan kuat dan pandangan lemah.

Pandangan kuat contohnya ketika kita memandang objek yang banyak seperti ada pohon, motor lewat, rumah di sebarang, gambar yang kita terima dimata akan tampak berbeda-beda ada yang kuat ada yang lemah gambarnya, warnanya. Itulah kenapa ada dua pandangan dalam penglihatan mata kita. Yang terang, jelas gambarnya disebut pandangan kuat dan yang samar-samar gambarnya disebut pandangan lemah.

Yang terjadi pada mata malas yaitu otak memilih untuk mengambil gambar dari mata yang lebih kuat dan mengabaikan gambar dari mata yang lebih lemah. Ini berarti bahwa pandangan oleh mata malas menggunakan mata yang kuat BERLEBIH daripada mata yang lemah. Jika mata yang lemah tidak digunakan, atau jarang digunakan maka mata yang lemah tidak mampu mengembangkan penglihatan yang baik. Hal ini menyebabkan penglihatan berkurang di mata yang lebih lemah. Akibatnya akan terjadi Amblyopia atau Mata Malas.

Siapa yang biasanya mengalamai Mata Malas ini?

Amblyopia atau mata malas awalnya terjadi antara awal kelahiran sampai sekitar usia 7 tahun. Dan tidak akan sembuh jika hanya dibiarkan saja tanpa diobati. Mungkin anda sebagai orang tua tidak menyadari bahwa anak anda menderita mata malas. Anak anda sendiri mungkin tidak tahu bahwa dia hanya menggunakan satu mata untuk memandang. Anda pun tidak menyadarinya.

Sebagai orang tua sebaiknya anda menanyakan kondisi ini pada dokter atau ahli mata jika anak anda mengalami pandangan kabur di usia dini.

Selalu waspada pada anak yang usia di bawah 10 tahun mengalami rabun jauh atau mata minus. Segera konsultasikan ke dokter ahli mata.

Deteksi dini mata malas pada anak merupakan hal penting karena Mengatasi Mata Malas lebih dini memiliki angka keberhasilan lebih tinggi dalam mencegah kebutaan permanen.

Peka indra penglihatan manusia mulai berkembang sejak usia bayi dan menjadi sempurna pada usia 5 tahun. Perkembangan kepekaan indara penglihatan ini dipengaruhi oleh rangsangan visual yang masuk ke mata. Apabila mata mendapat rangsangan visual yang cukup, maka mata dapat berkembang dengan sempurna. Namun apabila salah satu atau kedua mata mendapatkan rangsangan yang kurang, maka perkembangan kepekaan indra penglihatan mata tersebut akan terhambat dan membuat cerahnya penglihatan menurun atau mata akan Mengalami Malas Amblyopia.

Apakah mata malas bisa disembuhkan?

Ya, kabar baik untuk Anda yang punya keluhan mata malas.

Bahwa Mata malas bisa disembuhkan dengan Formula Eye >> www.formulaeye.com dan Permainan Tetris. Dalam bahasa jawa Main Gamebot Noto Boto. Ini pernah dan sering saya lakukan diwaktu kecil, karena dibelikan orang tua permainan Gamebot. Bisa jadi andapun mengalami yang sama dengan saya. Hehehe

Oke. Ini video contoh permainan tetris yang membantu mengatasi mata malas:

Cara mengatasi mata malas ini telah di uji oleh Tim peneliti dari McGill University, Kanada menemukan bahwa permainan Tetris dapat melatih kedua mata agar dapat bekerja bersama. Peneliti juga telah mengujicobakannya pada 18 orang dewasa dan membuktikan bahwa metode ini jauh lebih efektif daripada pemasangan koyo pada mata (apa itu koyo mata? tanya dokter mata tentang koyo mata karena saya tidak paham koyo mata ini).

Dalam uji coba tersebut, Dr. Robert Hess dan rekan-rekannya di Montreal menciptakan sepasang kacamata khusus yang bekerja dengan cara ‘memaksa’ kedua mata agar bekerja sama sebagai sebuah tim.

Kemudian sembilan partisipan yang menderita mata malas diminta untuk mengenakan kacamata tersebut selama satu jam dalam 2 minggu sembari bermain Tetris. Kacamata tersebut dirancang khusus agar satu mata hanya bisa melihat balok-balok yang jatuh, sedangkan mata lainnya hanya dapat melihat balok-balok yang sudah menumpuk di dasar.

Sebagai perbandingan, sembilan orang lainnya yang juga menderita mata malas memakai kacamata serupa tapi mata normal mereka diberi penutup dan seluruh partisipan dipaksa bermain hanya dengan menggunakan mata yang terserang mata malas.

2 minggu kemudian, kelompok yang menggunakan kedua mata menunjukkan lebih banyak kemajuan dengan kondisi penglihatannya dibandingkan kelompok yang memakai koyo. Setelah itu, peneliti memperbolehkan kelompok pengguna koyo untuk menggunakan kacamata yang digunakan kelompok satunya. Hasilnya, penglihatan mereka pun ikut membaik secara signifikan.

Dr. Hess sepakat dengan studi-studi lainnya yang menunjukkan bahwa mata malas sebenarnya merupakan masalah yang terjadi pada kedua mata sehingga penggunaan koyo justru menghambat proses pemulihan, bukannya membantu mengobati.

Semoga bermanfaat sebagai Cara Mudah Mengatasi Mata Malas.

Oh ya..

Selain kami mengobati Mata Minus, Silinder. Kami juga menyediakan Obat Mata Malas (Formula Eye for Lazy Eye) >> www.formulaeye.com, yang ingin tampil lebih cantik, lebih ganteng dengan mata sehat, normal hubungi 085329999633 sekarang juga!