Home » Tips Mata Sehat dan Jernih » Cara Mencegah Mata Minus Anak

Cara Mencegah Mata Minus Anak

20 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Hindari Kegiatan Ini Untuk Mencegah Mata Minus Pada Anak Anda

Gempi, sapaan akrab anak dari pasangan selebriti Gisella Anastasia dan Gading dikabarkan mengidap mata minus dan silinder. Padahal, usia Gempi saat ini masih empat tahun.

Menurut Gisel, mata minus diidap Gempi akibat aktivitas menonton video atau televisi sambil berbaring yang sering dilakukan gadis bernama lengkap Gempita Nora Marten tersebut.

“Sebel, sempet marahin Gempi karena sering nonton sambil tiduran tapi langsung yang paling dominan adalah rasa bersalah sama diri sendiri kenapa kok nggak lebih tegas untuk ngingetin anak supaya lebih taat cara nonton tv,” tulis Gisel dalam unggahan media sosial.

Lalu, aktvitas seperti apa saja yang bisa menyebabkan mata minus pada anak? Berikut sejumlah aktivitas yang bisa menyebabkan manusia mengalami mata minus sejak usia dini.

Membaca di ruangan redup

Mayoritas pengidap mata minus merupakan orang yang memiliki hobi membaca. Meskipun bukan penyebab utama, namun kebiasaan membaca meningkatkan risiko mata minus pada anak. 

Hobi membaca merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk anak. Tapi, orangtua tetap disarankan untuk mencegah anak membaca di ruangan redup. 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal mengungkapkan, membaca di ruangan dengan pencahayaan redup menyebabkan ketegangan pada otot mata. Kurangnya pencahayaan membuat mata bekerja lebih keras agar bisa fokus. 

Lebih banyak habiskan waktu di rumah

Sejumlah penelitian tentang kesehatan mata menyatakan, bahwa mata minus juga bisa diakibatkan karena anak jarang melakukan aktivitas di luar rumah. Pasalnya, tingkat cahaya di dalam ruangan dengan di luar tentu berbeda dan mempengaruhi kesehatan mata.

Melihat terlalu dekat

Pada masa usia pertumbuhan, sebaiknya anak tidak melihat sesuatu dalam jarak dekat dalam waktu yang lama, seperti menonton tv, bermain gadget, dan membaca buku. Kebiasaan ini dapat memicu bola mata melebar sehingga menyebabkan mata minus.