Home » Tips Mata Sehat dan Jernih » Bahaya Menggunakan Softlens Yang Bisa Berakibat Fatal

Bahaya Menggunakan Softlens Yang Bisa Berakibat Fatal

58 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tampil cantik adalah hal yang diinginkan para wanita. Mereka akan melakukan apa saja dan memakai apa saja demi mempercantik diri mereka. Sayangnya, banyak wanita hanya peduli pada penampilan luar saja, mereka tidak memperhatikan bahkan cenderung acuh pada kebersihan alat kecantikan yang mereka pakai. Hingga akhirnya hal tersebut malah berdampak buruk pada diri mereka sendiri.

Salah satunya adalah menggunakan softlens. Ya, softlens memang membuat mata terlihat indah dan enak dipandang. Dengan berkembangnya zaman sekarang ini softlens tidak hanya jadi sarana untuk mempercantik mata tetapi bisa juga menjadi alternatif untuk Anda yang bermata minus, karena saat ini sudah ada softlens untuk mata minus.

Ini memang praktis, tetapi hanya untuk orang yang telaten saja, karena softlens itu butuh perawatan dengan teliti agar tetap basah dan tidak kotor. Sedikit ceroboh dalam perawatan softlens bisa saja membuat softlens itu kotor dan ketika dipakai malah terjadi infeksi mata.

Seperti yang diceritakan di akun instagram @tisusilo. Akibat ceroboh dalam menggunakan softlens, mata kirinya kini terserang bakteri ganas yang membuat matanya jadi bengkak memerah dan muncul putih – putih di tengah area matanya. Hal itu bisa terjadi karena dia tidak telaten menjaga kebersihan softlens yang dia pakai hingga mengakibatkan hal yang sangat fatal pada matanya.

Hingga hari ke 17 dia harus menjalani perawatan rutin agar matanya kembali normal. Hingga saat foto tersebut diunggah akun bernama @tisusilo itu mengaku tidak bisa melihat di satu matanya. Bahkan dokter mengatakan bahwa mata kirinya sulit untuk disembuhkan dan kemungkinan besar tidak bisa melihat lagi.

Ini caption pada foto yang diunggah oleh akun @tisusilo

“Dear temen temen,sekedar mengingatkan dan berbagi pengalaman. Bagi kalian pemakai SOFTLENS hati hati,kerbersihan dan disiplin itu WAJIB. Aku pemakai softlen, mgk krn ak kurang peka,kurang menjaga higienitas jd berdampak seperti ini. Mata kiri aku terserang bakteri ganas,yg sampai saat ini msih dalam tahap penyembuhan. Awalnya sakit mata perih,merah dan bengkak,besoknya timbul putih ditengah pupil (dan ak gbs liat sampai detik ini) IGD RSM Cicendo blg ini sudah parah,sampe ad yg blg mata ak hrs di oprasi dan diambil. Ini sudah hari ke 17, selama ini ak diberi terapi resep 4 tetes mata yg setiap jam nya harus ditetes..alhamdulillah sdh sdkit membaik. Tapi Dr sdh memvonis mata kiri aku tdk akn normal.ini jd pembelajaran utk hidup ak,krn kecerobohan memakai softlens smapai berujung tidak berfungsinya mata kiri.Sepele memang karna softlens,tp buat tmn2 yg pke softlens ak mnt tolong disiplin,higienis nya di jaga kalau bs ga usah pake softlen.ak ga ngelarang tp dri kejadian ini bs jd pembelajaran. Krn ak skg sudah jadi Contoh buruk pemakai softlens.. Sayangi mata kalian”

Nah, sekarang kita tahu betapa bahayanya penggunaan softlens jika digunakan dengan tidak benar. Bukan mata indah yang didapatkan tetapi malah megalami kebutaan. Jaga dan lakukan yang terbaik untuk kesehatan mata Anda dan keluarga Anda, karena mata Adalah jendela dunia